Senin, 21 Februari 2011

Cara mengetahui alamat url asli dari url shortener

Url shortener atau pemendek alamat url, sesuai dengan namanya berguna untuk membuat url yang panjang menjadi lebih ringkas, tentunya dengan diikuti oleh masing-masing domain pemendek url tersebut. Dengan url dibuat lebih pendek, memudahkan kita untuk mengingat dan manghafal alamat url tersebut dan kelihatan lebih ramping dan rapi. Bandingkan saja antara alamat url yang ini http://alumm4ummah.blogspot.com/2011/02/membuat-file-iso-dari-cddvd.html dengan http://y.bt.com,
lebih ringkas yang pake url shortener bukan ?? (kan ..) meskipun kalau di klik, kedua lamat tersebut akan mengarah pada halaman yang sama.

Saya kira mengenai hal tersebut sahabat Syahida telah mahir dan pasti pula telah mempergunakan url shortener. Beberapa alamat url shortener atau pemendek alamat url yang sering dipergunakan adalah :

http://bit.ly
http://is.gd
http://goo.gl
http://kxk.me
http://ity.im
http://tinyurl.com
http://gu.ma
http://tiny.cc
http://tie.ly
http://ho.io
http://urlcut.com
dan lain-lain

Namun dibalik kemudahan tersebut ternyata juga terdapat kekurangannya. Salah satu kekurangan dari penggunaan url shortener ini adalah dipergunakannya untuk hal-hal yang negative. Misalnya saja url tersebut jika di klik akan mengarah pada situs yang berbahaya, yang banyak mengandung script jahat, atau pun bisa jadi ke situs porno. Hal ini dikarenakan kita tidak mengetahui url yang sebenarnya. Namun demikian saya tegaskan bahwa hal tersebut mugkin saja terjadi pada 1 diantara ribuan url shortener yang telah dibuat oleh seseorang. Yang pasti adalah … dengan menggunakan url shortener tersebut kita tidak bisa mengetahui akan diarahkan ke halaman apa dan halaman siapa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada cara yang mudah agar kita bisa mengetahui alamat url yang sebenarnya dari url shortener tersebut. Sebelum mengklik suatu url shortener, bisa diterapkan cara ini untuk mengetahui alamat url yang asli. Untuk itu langsung saja buka alamat http://longurl.org/expand kemudian masukkan alamat yang telah disingkat atau dipendekkan, lalu tekan expand. Maka alamat asli yang telah dipendekkan akan terlihat disana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar